Selasa, 04 Juni 2013

Dari Tigatiga

Mixtape Menuju Semesta 

Melengkapi potongan cerita di blog Liga Musik Nasional soal konser #menujusemesta, sebetulnya kemarin itu saya kebagian bikin playlist lagu untuk menemani teman-teman yang sedang menunggu band selesai setting panggung setelah pintu masuk auditorium di buka.

Waktunya sekitar setengah sampai satu jam jadi saya menyiapkan sekitar 16 lagu. Saya memilih lagu sambil membayangkan mood saya dan juga sambil bermain menjadi Joni atau Susi dan lagu apa yang mereka dengarkan. By the way, Joni dan Susi versi saya, bukan yang tinggal dipinggiran sambil mendengarkan lagu dangdut yang mengalun dari radio tape dari pasar dekat rumah mereka. Joni dan Susi versi saya tumbuh di tahun 90-an, punya banyak kawan yang memberi mereka petunjuk untuk mempunyai selera musik yang enak didengar dan mereka tidak mati. Mereka masih hidup dan baik-baik saja.   

Terus sembari bikin daftar lagu, dibikinin covernya ama Feransis. Kayak gini:




Kalo teman-teman mau mixtape ini, kirim aja emailnya ke  omuniuum@gmail.com (iya, saya ngga punya email pribadi) memakai subject  mixtape #menujusemesta. Nanti saya share linknya. :)

Ini lagu-lagu di mixtapenya:

1. Love Song - Naimee Coleman 
Aslinya lagunya punya The Cure. Saya ngga tau Joni atau Susi mendengarkan versi yang mana tapi saya yakin mereka pasti punya lagu ini didalam playlist mereka.

2. Caramel - Suzanne Vega

Susi pas dengerin ini lagi mikir Joni cocok atau ngga jadi pacarnya karena mereka sudah dekat tapi ragu-ragu. Jadi yang bilang Susi dan Joni serasi, mungkin aja ngga'.



3. Time After Time - Everything But The Girl

Sebetulnya lagu ini milik Cyndi Lauper tapi Susi suka versi yang ini karena lebih 90-an. Joni tentu saja lebih suka versi Cyndi, soalnya dia generasi 80-an.

4.  One Lazy Morning - Brett Anderson
Susi dan Joni pasti pernah nonton konser Suede dua kali. Saya juga pernah. Jadi mungkin saat itu saya seruangan dengan mereka.

5. Everytime - Glen Hansard & Colm Mac Con Iomare
Ini lagunya Britney Spears, Susi suka lagunya tapi Susi ngga suka Britney Spears dan tiba-tiba ada versi ini yang Joni lupa awalnya denger dimana, dia kasih ke Susi dan karena Susi suka Glen Hansard dia senang sekali.




6. (I Can't Seem to) Make You Mine - The Clientele
Joni putus asa dengan keadaan. Susi lagi sedih karena dilarang ketemu Joni. Mereka berkirim pesan untuk sama-sama mendengarkan lagu ini.



7. With Or Without You - Keane
Joni dan Susi sedang merasa saling mencintai dan membenci satu sama lain sekaligus.


8. Wish You Were Here - Catherine Wheel

Susi suka Pink Floyd. Joni suka protes kalau Susi keseringan memutar lagu ini. Jadi Joni akhirnya mencari berbagai macam versi lagu ini dan mereka paling suka yang ini.




9. Hoppipolla - We Are Scientist

Mereka suka Sigur Ros karena nama vokalisnya Jonsi = Joni dan Susi. Joni sering mencari arti dari lagu-lagu mereka dan lagu Hoppipolla ini ternyata  tentang main dikubangan tanpa memakai sepatu sampai jatuh dan mimisan  karena kedinginan tapi selalu berdiri lagi. Susi tidak percaya dan  berniat menanyakan sendiri pada Jonsi saat mereka ke Islandia saat mereka sudah kaya raya. Kalau mereka sudah bosan dengan Hoppipolla versi asli, mereka memutar versi yang ini. 



10. Until The End of the World - Apoptygma Berzerk
Mereka sedang berjanji sehidup semati sambil berpelukan di sebuah halte bis ditengah cahaya kota yang sayup terkena hujan.  


 
11. My Blue Heaven - Smashing Pumpkins

Sebagai generasi 90-an, tentu saja mereka punya album Smashing Pumpkins Aeroplane Flies High box set.  Mereka pertama kali melihat album itu di rumah seorang teman mereka dan Joni membelikannya untuk hadiah ulang tahun Susi.



12. Perfect Day - DuranDuran

Joni dan Susi di Bandung, menonton pertunjukan Melancholic Bitch #menujusemesta malam itu Saat Joni menurunkan Susi di depan gang tempat tinggalnya, sebelum Susi sempat memalingkan muka, Joni mencium pipinya. Susi malu dan lari menuju rumah sambil berdendang lagu ini. 

13. Half The World Away - Oasis
Joni yang suka lagu ini karena ini kayak bukan Oasis. Susi sangat suka Oasis dan Joni bosan mendengarkan Oasis.




14. The Next life - Suede
Sekali lagi, mereka pasti pernah nonton Suede dan ingin lagu ini dimainkan, tapi keinginan mereka tidak terkabul.  

15. Commuter Love - The Divine Comedy
Pertama kali mendengar lagu ini, yang kemudian saya lakukan adalah mencari liriknya. Tadinya saat mendengar selewat saya sempat berpikir kalau ini lagu biasa saja tapi ternyata liriknya bercerita soal seorang lelaki yang mengamati seorang perempuan yang dia suka di stasiun tapi ngga mau ngajak kenalan karena menurut dia perempuan itu oke dan dia tidak mau mengambil resiko untuk entah patah hati entah menyakiti hatinya.
Mungkin saat itu Joni sudah ketemu Susi tapi suka melihat perempuan ini di stasiun setiap pagi saat Joni mau pergi ke kantor dan perempuan itu selalu mengingatkan dia akan Susi. Jadi Joni ingin kenalan tapi ngga berani menyakiti hatinya karena ingat Susi.




16. My Way - Frank Sinatra
Heroik. Dari dulu, kalau dengerin lagu ini saya selalu membayangkan seseorang yang suksesnya minta ampun, lalu menyanyi dengan semangat sambil tersenyum mengingat semua yang telah dia lewati untuk bicara "i did it my way".
 Joni dan Susi menemukan jalannya lewat Melancholic Bitch dan menjelma dongeng yang disampaikan terus-menerus setiap kali ada seseorang memainkan lagu mereka. Saya berpikir kalau hari saya bersama teman-teman anggota rombongan #menujusemesta membuat konser adalah hari yang menyenangkan. Saat saya menulis ini saya mengenang hari sembari tersenyum karena ternyata semuanya berjalan menyenangkan sekali. Yes, we did it our way! :)  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar